The Big Lebowski (1998)



RottenTomatoes: 80% 
NikenBicaraFilm: (4/5)

Rated: R
Genre: Comedy

Directed by  Joel Coen, Ethan Coen (Uncredited) ; Produced by Ethan Coen, Joel Coen (Uncredited), Tim Bevan, Eric Fellner ; Written by Ethan Coen, Joel Coen ; Narrated by Sam Elliott ; Starring Jeff Bridges, John Goodman, Julianne Moore, Steve Buscemi, John Turturro ; Music by Carter Burwell ; Cinematography Roger Deakins ; Editing by Tricia Cooke, Roderick Jaynes ; Studio Working Title Films, Bitter Creek Productions Inc, Polygram Filmed Entertainment ; Distributed by Gramercy Pictures ; Release date(s) March 6, 1998 ; Running time 119 minutes ; Country United States, United Kingdom ; Language English ; Budget US$15 million ; Box office US$46,189,568


Kalau kau tidak terbiasa dengan selera humor Coen Brothers  Ethan dan Joel Coen, penulis naskah dan sutradara dalam film ini), maka tidak ada jalan lain selain kau harus berguru membiasakannya. Coen Brothers mempunyai selera humor yang unik, boleh dibilang sedikit eksentrik, namun tidak lantas membuatmu tidak bisa tertawa. Kamu mungkin pernah menonton film-film mereka macam Fargo (1996) yang berhasil melambungkan nama mereka berdua sebagai sutradara, atau film komedi komersil mereka yang dibintangi sejumlah pemain film dan aktris ternama dari John Malkovich, Brad Pitt sampai Tilda Swinton, Burn After Reading (2008). Ada pula A Serious Man (2009), yang bernuansa sedikit satir dan mengenaskan akan kesialan bertubi-tubi seorang laki-laki Yahudi. Coen Brothers mempunyai banyak karya komedik, namun bukan berarti mereka tidak pernah menciptakan film yang sedikit serius, seperti True Grit (2010 – nominasi piala Oscar), atau No Country For Old Men (2007 – film terbaik piala Oscar).

The Big Lebowski boleh dibilang yaitu salah satu karya Coen Brothers yang benar-benar komedi, aku benar-benar dibentuk tertawa oleh film ini. Dirilis pada tahun 1998 dan bersetting di LA, The Big Lebowski berkisah mengenai Jeff “The Dude” Lebowski (Jeff Bridges, Crazy Hearts), seorang penganggur pemalas yang kerjaannya hanya main Bowling bersama dua sahabatnya, Walter (John Goodman, TV series Roseanne), seorang veteran perang yang kacau dan Donny (Steve Buschemi, TV Series Boardwalk Empire), laki-laki bloon yang sering tidak nyambung kalo teman-temannya berbicara. Suatu ketika Dude didatangi dua orang laki-laki penagih hutang, yang rupanya salah menuduh Dude dengan Jeffrey Lebowski (The Big Lebowski) lain, milyuner kaya yang mempunyai nama yang sama dengannya. Salah satu laki-laki penagih hutang itu mengencingi karpet Dude, menciptakan Dude tidak terima dan tetapkan untuk meminta ganti rugi pada Jeff Lebowski yang asli. Namun ternyata hal ini membuatnya harus terlibat pada insiden lain, ketika istri Lebowski yang kaya diculik dan Dude diminta menjadi kurir pengantar uang yang diminta penculik. Boleh ditebak, hal ini kemudian berlanjut pada peristiwa-peristiwa yang jauh lebih aneh.

Coen Brothers sering memasukkan perjalanan seorang tokoh dengan banyak sekali benturan kebetulan pada cerita-ceritanya. Kamu mungkin sudah pernah menonton Fargo, atau Burn After Reading, dan tahu apa yang aku maksud. Hal itulah yang mendasari penceritaan pada The Big Lebowski. Coen Brothers juga sangat baik dalam membentuk karakter-karakter yang menjadi sentral cerita, dan salah satunya ada pada huruf yang dengan luar biasa dimainkan oleh Jeff Bridges ini. Dengan pakaian berantakan, dan gaya duduk seenaknya, Jeff Bridges menciptakan kita begitu yakin akan kiprahnya sebagai the Dude. Karakter Dude yang begitu berpengaruh inilah yang menjadi kekuatan film ini. Kamu juga niscaya akan dibentuk tertawa terbahak akan akting Steve Buscemi, walau ia cukup bertampang bloon sepanjang film tanpa perlu mengucapkan dialog. Dan kalau memang benar huruf Walter Sobchak harus sesoktahu itu, maka John Goodman melaksanakan tugasnya dengan baik.

The Big Lebowski boleh dibilang menjadi salah satu American comedy cult movie ketika ini, walaupun tidak terlalu sukses secara Box Office ketika pertama kali dirilis. Ada banyak momen yang akan membuatmu tertawa, tentu saja alasannya the Big Lebowski dipenuhi barisan tokoh-tokoh laki-laki paruh-baya yang bodoh. Ada pula scene-scene unik dan abstrak dengan musik soundtrack classic country rock ketika Dude tengah bermimpi.  Jeff Bridges boleh saja tidak mendapatkan penghargaan apapun di film ini (ia gres mendapatkan Oscar pertamanya 2009 tahun kemudian lewat film Crazy Hearts), namun sekali lagi aku harus katakan bahwa aktingnya benar-benar meyakinkan dan komikal, ia malah kelihatan tidak menyerupai berakting -  bahkan kru tidak perlu menyiapkan wardrobe untuk kiprahnya di sini, alasannya sebagian besar pakaian awut-awutan Dude yaitu pakaian Jeff Bridges sendiri. Kamu juga bisa menikmati beberapa cast lain yang cukup terkenal, menyerupai Phillip Seymour Hoffman, Tara Reid dan Julianne Moore. Karakter mereka mungkin memang tidak berperan terlalu banyak, namun cukup signifikan.

Overview:
Well, Coen Brothers yaitu salah satu sutradara favorit saya. No Country for Old Men akan menjadi salah satu film favorit aku sepanjang masa, dan kalau kau menginginkan taste lain dari Coen Brothers, sedikit selera humor mereka, maka The Big Lebowski dijamin akan benar-benar bisa mengocok perutmu. Karakter Dude benar-benar seru, dan akting Bridges benar-benar kocak.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "The Big Lebowski (1998)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel