10 Cloverfield Lane (2016) (4,5/5)


Don't leave me! You don't know what's out there!

RottenTomatoes: 89% | IMDb: 7.7/10 | NikenBicaraFilm: 4,5/5

Rated: PG-13
Genre: Mystery & Suspense, Drama

Directed by Dan Trachtenberg ; Produced by J. J. Abrams, Lindsey Weber ; Screenplay by Josh Campbell, Matt Stuecken, Damien Chazelle ; Story by Josh Campbell, Matt Stuecken ; Starring John Goodman, Mary Elizabeth Winstead, John Gallagher, Jr. ; Music by Bear McCreary ; Cinematography Jeff Cutter ; Edited by Stefan Grube ; Production company Bad Robot Productions ; Distributed by Paramount Pictures ; Release dates March 8, 2016 (New York City) March 11, 2016 (United States) ; Running time 103 minutes ; Country United States ; Language English ; Budget $15 million

Story / Cerita / Sinopsis :
Seorang wanita, Michelle (Mary Elizabeth Winstead) terlibat suatu kecelakaan yang membuatnya pingsan. Ia kemudian terbangun dan menemukan dirinya di sebuah bunker milik Howard (John Goodman), bersama seorang lain lagi Emmet (John Gallagher, Jr.). Howard menyampaikan bahwa ia gres saja menyelamatkan Michelle dari suatu peristiwa serangan kimia. Apakah memang benar begitu?

Review / Resensi:
10 Cloverfield Lane yaitu tipe film yang makin sedikit kau tahu perihal film ini makin baik. Intinya, 10 Cloverfield Lane telah menjadi salah satu film paling menyenangkan buat saya tahun ini, so you should watch it before you regret it (sayang sekali promosi di Indonesia tidak mengecewakan kurang perihal film ini, kalah saing dari euforia Batman v Superman yang belum usai). Di review ini saya juga berusaha membatasi ulasan saya alasannya yaitu nggak seru jikalau kau makin banyak tahu. Lebih baik lagi, kau stop baca resensi ini - tonton dulu filmnya - kemudian gres baca resensi saya ini! Tampaknya "makin sedikit tahu makin seru" juga diketahui niscaya oleh J.J Abrams selaku produsernya lewat rumah produksinya Bad Robots, dengan merahasiakan banyak detail perihal film ini sendiri. Bahkan proses produksinya pun memang tidak tercium perhatian media. Promosi film ini sendiri gres muncul perdana dua bulan sebelum tayang di bioskop, dikala trailernya tayang di film 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi milik Michael Bay. 

Saya sudah terpengaruhi dengan menonton trailernya, menampilkan Mary Elizabeth Winstead dan John Goodman, dan bintang film relatif kurang populer John Gallagher Jr. di sebuah ruang tamu. Sibuk main puzzle, monopoli, makan, bikin roti di tengah alunan lagu ceria I Think We're Alone Now dari Tommy Jones and The Shondells. Lalu kemudian peristiwa ganjil serupa gempa bumi terjadi, dan nuansa ceria itu bermetamorfosis ketegangan. Trailer suspense dan misteri macam begini terang sangat menarik atensi saya sehingga saya pribadi mbelani nonton di bioskop (oh iya saya pecinta film yang relatif pelit nonton di bioskop).

10 Cloverfield Lane adalah adonan horror, suspense, dan misteri. Oh wait a minute, ada kata "Cloverfield" di judulnya - dan film ini diproduseri oleh J.J. Abrams. Ini niscaya ada hubungannya dengan film mockumentary Cloverfield (2008) yang kampanye marketingnya terbilang sangat berhasil. So, 10 Cloverfield Lane pastinya bukan sekedar film misteri dan thriller - tapi (bisa jadi) ada sisipan science-fiction-nya sebagaimana penampakan monster pada film Cloverfield (Sejujurnya, saya belum nonton Cloverfield - tapi tidak mengecewakan tahu banyak perihal respons faktual film ini). Lalu apakah 10 Cloverfield Lane merupakan sekuel dari Cloverfield? Yang pasti, J.J. Abrams lebih suka menyebutnya sebagai "blood-relative" dari film Cloverfield. (Entah apakah ini sekedar taktik marketing, tapi yang terang ini berhasil). Walaupun saudaraan, tapi 10 Cloverfield Lane tidak disyuting dengan cara yang sama. Dan Trachtenberg sebagai sutradara mengambil pendekatan yang sangat jauh berbeda, dengan lebih fokus kepada penggarapan unsur misterinya dan tidak lagi memakai unsur mockumentary.

Boleh dibilang 10 Cloverfield Lane adalah sebuah film misteri. Tiga perempat lebih filmnya berkisar pada usaha heroik seorang tokoh wanita, Michelle (Mary Elizabeth Winstead) yang mencoba mencerna apa yang sebetulnya terjadi sampai ia dapat berada di sebuah bunker milik laki-laki misterius Howard (John Goodman). Hampir tiga puluh menit kita dibentuk menebak-nebak misterinya, dengan unsur suspense teror psikologis yang cukup menegangkan dengan beberapa shocking-moment yang digarap dengan keren. Dan Trachtenberg yang mengakibatkan 10 Cloverfield Lane sebagai feature film pertamanya boleh dibilang sangat berhasil di potongan ini. Momen intens dan ketegangan dapat dibangun dengan baik pada potongan tiga perempatnya, mengakibatkan misteri dan suspense sebagai kekuatan yang menciptakan penonton bertanya-tanya. Jangan lupakan juga seperempat potongan risikonya - dikala risikonya kita dapat puas mengetahui apa yang sebetulnya terjadi. Walaupun seperempat potongan risikonya ini bukan potongan favorit saya alasannya yaitu bermain terlalu aman. 

Mary Elizabeth Winstead tampil secantik biasanya. Saya mengagumi rambut pendek berponinya. Namun performa aksara perempuan heroiknya tidak terlalu berbeda dengan peran-peran jagoan perempuan di film-film sejenis lainnya, sehingga relatif praktis dilupakan. Namun yang paling juara yaitu kinerja John Goodman - yang serba misterius dan sensitif, dengan momen ledakan kemarahan yang mengguncang meja makan. John Goodman membawakan tokoh Howard dengan sempurna, menciptakan kita bertanya-tanya apakah beliau jahat atau tidak, sinting atau tidak. Bunyi napasnya yang keras, kemunculannya yang tiba-tiba, serta mukanya yang mencurigakan sukses menciptakan saya merasa sama ketakutannya dengan Michelle. 

Overview:
10 Cloverfield Lane yaitu sebuah perpaduan yang tepat dan menarik antara misteri, suspense, sedikit horor (iya lho saya ngerasa film ini horor juga), dan (bisa jadi) sedikit science-fiction. 10 Cloverfield Lane boleh jadi berbeda dengan "saudaranya", Cloverfield (2008) namun sejauh yang saya tahu rohnya hampir sama. Menyimpan kejutan titik puncak di potongan akhirnya. Namun bagi saya momen terbaik ada pada momen suspensenya di tiga perempat potongan awalnya. John Goodman is scary! 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Cloverfield Lane (2016) (4,5/5)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel