Memahami 7 Pakem Aksara Utama Shonen Jump

Mengikuti serial anime BAKUMAN dari season 1 hingga season 3 menciptakan saya menjadi semakin mengerti perihal dunia industri manga dan anime di Jepang. Gila, susah banget bro. Penuh tekanan, persaingan, dan dikejar-kejar deadline.

Makara mikir dua kali untuk hanya membaca dan menonton secara gratis di internet. Setidaknya untuk menghormati kerja keras para mangaka, saya putuskan untuk pensiun dari jualan baju-baju anime dan game mulai tahun depan. Mohon doanya...

Dalam perjalanan Takagi dan Mashiro untuk menjadi seorang mangaka terkenal, dikuaklah belakang layar perihal pakem-pakem manga Shonen Jump. aksara Utama yang menyerupai apa yang benar-benar khas Shonen, diceritakan secara gamblang dalam serial BAKUMAN ini. 

Semua pakem aksara utama Shonen tersebut benar-benar kita temui dalam setiap dongeng manga Shonen Jump lho!! Sehingga kalau kalian cermati secara mendetail, hampir semua aksara utama Shonen mempunyai ciri khas yang sama. Apa sajakah itu?

1. Anak Laki-laki usia sekolah
Karena Shonen Jump menyasar sasaran pasar anak laki-laki, maka aksara utama Shonen biasanya yaitu seorang dewasa pria usia sekolah. Untuk rentang usia sekitar 13 - 25 tahunan. Tengok saja Luffy (19), Naruto (17), Ichigo (17), Gon (14) dll

2. Mengejar Mimpi
Sangat elok untuk memotivasi belum dewasa muda, aksara utama Shonen Jump biasanya mempunyai mimpi yang sangat tinggi, dan tidak pernah mengalah menggapai mimpinya meski seberat apapun rintangannya. Luffy ingin menjadi Raja Bajak Laut, Naruto ingin menjadi Hokage, Gon ingin menjadi Hunter terbaik, Goku ingin menjadi yang terkuat, dll

3. Mempunyai kemampuan tersembunyi
Hampir setiap aksara Hero Shonen Jump mempunyai kekuatan tersembunyi yang pada balasannya merupakan kunci untuk menggapai tujuannya. Luffy mempunyai Haki Raja, Goku menjadi Super Saiyan, Naruto punya Kyubi. Dan yang paling kurang asuh yaitu Ichigo, beliau itu Shinigami + Hollow + Quincy + Fullbring, Coeg sekali kan?

4. Punya partner dan saingan
Seorang Hero Shonen wajib punya partner dan tentangan untuk membuatnya terus berkembang. Naruto x Sasuke, Goku x Vegeta, Hinata x Tobio, Gon x Killua, dll

5. Selalu ada Gadis manis
Setelah mempunyai kekuatan, berikutnya yaitu punya gadis idaman. Hmm, ABG banget pokoknya dah, Luffy x Boa Hancock, Naruto x Hinata, Ichigo x Rukia, Soma x Tadokoro, dll

6. Penampilan Keren
Setelah punya kekuatan, ada gadis manis, penampilan juga keren. Super Saiyan itu aneh kerennya, Bankai bikin Ichigo makin sangar, Chakra Kyubi bikin Naruto keren, Bekas luka bikin Luffy garang, dll

7. Power Level dan Transformasi
Hero-hero Shonen Jump sudah sangat lumrah bila mempunyai banyak perubahan bentuk. Goku bisa jadi Super Saiyan, Yusuke jadi Mozaku, Luffy punya Gear 2-4, Ichigo jadi Shinigami + Hollow + Quincy + Fullbring, Coeg...

Namun dari sekian banyak Hero Shonen Jump. Ada satu Hero yang yang benar-benar keluar dari 7 pakem Shonen Jump di atas, yaitu Saitama [ONE PUNCH MAN]. Bukan anak usia sekolah (25 th), menjadi Hero cuma alasannya yaitu Hobi, tidak punya kekuatan belakang layar hanya pukulan saja, tidak keren tampangnya, tidak ada gadis manis, tidak berubah bentuk, tidak ada tentangan dalam berkelahi kekuatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Memahami 7 Pakem Aksara Utama Shonen Jump"

  1. Very informative post! There is a lot of information here that can help any business get started with a successful social networking campaign. athletics pit

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel