Performa Kerja Menurun? Saatnya Melaksanakan Perbaikan

Setiap tahun perusahaan melaksanakan penilaian atas kinerja karyawannya Performa Kerja Menurun? Saatnya Melakukan Perbaikan

Ilustrasi (Depositphotos.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Setiap tahun perusahaan melaksanakan penilaian atas kinerja karyawannya. Bagaimana performa kerja Anda selama setahun akan memilih banyak hal. Penilaian atasan, promosi jabatan, bahkan kenaikan gaji.

Selamat, bagi yang hasil penilaiannya bagus. Yang tidak? Kecewa dan murung boleh saja. Tapi lebih penting lagi bagaimana cara Anda menyikapi hasil buruk yang diperoleh.

Bagaimana caranya bangun dan memperbaiki performa kerja yang buruk, itu yang perlu dipikirkan. Apa yang boleh dan dihentikan dilakukan dalam masa recovery atau perbaikan performa kerja?

Jangan terlalu membela diri

Saat mendapatkan hasil buruk dalam penilaian hasil kerja, ego Anda mungkin menolak fakta bahwa selama ini performa kerja Anda buruk. Di kala Anda berargumen bahwa kesalahannya bukan terletak pada cara kerja Anda, cobalah lihat kembali secara objektif. Perhatikan baik-baik poin-poin yang dianggap sebagai kelemahan Anda. Contohnya, Anda mungkin merasa tak berhak disalahkan atas bujet berlebih di proyek tertentu, lantaran susunan anggaran ialah hasil janji bersama. Tapi apakah ada fakta bahwa Anda ialah team leader yang harus bertanggung jawab atas keputusan tim? Terlalu membela diri justru semakin membuka kekurangan Anda, bahwa Anda orang yang tertutup terhadap kritik.

Lakukan penilaian diri

Menerima kritik itu perlu. Jangan hanya didengarkan, tapi masuk indera pendengaran kiri keluar indera pendengaran kanan. Seburuk apa pun kritik yang Anda terima, jadikan hal itu sebagai alat penilaian diri. Bagaimana kalau kritik-kritik yang dilontarkan benar adanya? Evaluasi diri harus disertai solusi dan komitmen gres supaya lebih baik.

Perbaiki kemampuan komunikasi

Mendapat hasil penilaian buruk, kritik tajam, dan komentar kurang menyenangkan mungkin disebabkan komunikasi yang buruk. Bisa jadi selama ini ada kesalahpahaman dan perbedaan persepsi antara Anda dan atasan.

Mulailah memperbaiki cara berkomunikasi. Langkah pertama, komunikasikan dengan atasan perihal kesalahan dan kekurangan performa kerja Anda selama ini. Apa yang membuatnya menerima penilaian buruk, bagaimana cara mengatasi, dan perbaikan apa yang harus dilakukan di masa mendatang. Komunikasi yang baik bisa jadi obat mujarab bagi performa kerja yang menurun.

Jangan menyalahkan diri sendiri

Hidup tak selamanya berjalan sesuai keinginan, bahkan dikala Anda merasa telah mengerahkan semua kemampuan. Hampir setiap orang pernah menerima penilaian buruk atas kinerjanya, baik lantaran faktor internal atau eksternal. Ketika hasil yang diperoleh tak sesuai harapan, terlalu menyalahkan diri sendiri pun bukan solusi yang benar.

Seseorang yang terlalu menyalahkan diri sendiri cenderung akan menjadi orang yang berpikiran negatif, pesimistis, dan rendah diri. Anggap saja hasil penilaian buruk itu sebagai pecut, supaya Anda terus berkembang dan membuatkan potensi diri.

Buat planning selanjutnya

Hidup itu perihal berjalan ke depan, bukan ke belakang. Sekarang menerima nilai jelek, bagaimana selanjutnya? Apa yang dilakukan? Buatlah rencana. Susun daftar planning dan tujuan yang akan Anda capai setahun ke depan. Bangun kembali jaringan kerja, bentuk tim yang solid, buat kerja sama saling menguntungkan, dan kerahkan seluruh kemampuan. Tentukan target, contohnya dalam tiga bulan ke depan harus bisa menuntaskan proyek A,B,C. Kalau sasaran meleset, coba dan coba lagi sampai berhasil.

dari Berbagai Sumber

(riz / gur)

Rekomendasi

Let's block ads! (Why?)



from Berita Gosip Terbaru Hari ini, Kabar Artis Terkini - Tabloidbintang.com kurang lengkap baca artikel nya di samping https://ift.tt/2SNLRad

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Performa Kerja Menurun? Saatnya Melaksanakan Perbaikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel