Selalu Dikaitkan Dengan Hal Gaib, Begini Klarifikasi Ilmiah Soal Kesurupan Massal

 Begini Penjelasan Ilmiah soal Kesurupan Massal Selalu Dikaitkan dengan Hal Gaib, Begini Penjelasan Ilmiah soal Kesurupan Massal

Belum usang ini sejumlah karyawan Geprek Bensu milik Ruben Onsu di wilayah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, mengalami kesurupan massal.

TABLOIDBINTANG.COM - Belum usang ini sejumlah karyawan Geprek Bensu milik Ruben Onsu di wilayah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, mengalami kesurupan massal. Kabar tersebut diketahui dari beredarnya video yang viral di media umum Instagram.

Peristiwa kesurupan selalu dikaitkan dengan keberadaan mahluk gaib. Pasalnya dikala korban sadar, mereka kerap menyampaikan bahwa tubuhnya menyerupai dikendalikan orang lain atau melihat mahluk dari alam lain. Benarkah kesurupan bekerjasama dengan hal gaib?

Faktanya, kesurupan bukanlah fenomena klenik. Dalam dunia ilmiah, kesurupan disebut dengan histeria. Istilah tersebut mengacu kepada gangguan psikologis di mana tekanan dan konflik batin dikonversi menjadi sakit, nyeri, atau mengalami histeria secara tiba-tiba yang dialami beberapa orang dalam waktu bersamaan. Bila kesurupan melanda banyak orang, maka disebut histeria massal.  

Gary Small M.D., psikiater dari UCLA, menjelaskan mengenai terjadinya histeria massal. Menurutnya, dikala merasa bahagia atau takut, seseorang bernapas lebih cepat dan mengembuskan banyak karbon dioksida. Rendahnya karbon dioksida pada badan menjadikan kesemutan, kedutan, mati rasa, bahkan kejang-kejang. Gejala tersebut sering terjadi pada korban histeria massal. 

Lanjut Gary, dikala seseorang mendadak mengalami histeria di keramaian, orang yang berada disekitarnya juga ikut panik, berhalusinasi, serta mencicipi tanda-tanda fisik menyerupai orang terkena histeria massal. Inilah yang membuktikan kenapa sanggup ada banyak orang terkena histeria massal atau kesurupan.  

Mengenai makhluk mistik yang sering dilihat korban histeria massal, Gary membuktikan bahwa itu hanya halusinasi saja. Dalam keadaan panik dan ketakutan, terang Gary, seseorang akan cenderung memunculkan citra menyeramkan dalam benaknya. 

Dalam buku The Naked Lady Who Stood on Her Head: A Psychiatrist’s Stories of His Most Bizarre Cases yang ditulis Gary, terdapat fakta menarik. Ternyata hierarki sosial kuat terhadap  “penularan” histeria. Gary pernah meneliti fenomena pingsan dan histeria massal yang dialami 30 anak di sekolah dasar di pinggiran kota.

“Kepala sekolah tersebut menceritakan bahwa insiden berawal dari histeria seorang anak wanita yang cukup terkenal di sekolah itu, kemudian jadinya menyebar ke bawah umur lain yang kebanyakan perempuan,” papar Gary.  

(ages)

Rekomendasi

Let's block ads! (Why?)



from Berita Gosip Terbaru Hari ini, Kabar Artis Terkini - Tabloidbintang.com kurang lengkap baca artikel nya di samping https://ift.tt/2MvBM0i

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Selalu Dikaitkan Dengan Hal Gaib, Begini Klarifikasi Ilmiah Soal Kesurupan Massal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel