20 Pesawat Tempur Paling Modern Periode Ini

BRITA10 | Pesawat tempur paling modern yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup
digunakan sebagai pesawat tempur serangan darat dan udara, pesawat pengintai, pesawat bomber, pesawat siluman, superioritas udara atau pesawat pencegat yang bisa menjalani aneka macam jenis misi yang dibutuhkan. 

Pada umumnya pesawat tempur modern didesain dan dirancang sebagai pesawat tempur serbaguna untuk mengefisienkan anggaran belanja pertahanan negara menyerupai pesawat tempur F-22 Raptor, F-35 Lightning II, F-15 Eagle, F-16 Fighter Falcon atau B-2 Spirit milik Angkatan Bersenjata AS atau F-57 dan F-35 milik Angkatan Udara Rusia.

Berikut ini 20 pesawat tempur paling modern era ini yang telah kami rangkum untuk Anda.

20. Westland WG-13 Lynx

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Mass Communication Specialist 3rd Class Ford William, US Navy

Westland WG-13 Lynx yakni salah satu helikopter tempur paling modern era ini yang didesain dan diproduksi oleh Westland untuk melayani Angkatan Bersenjata Inggris. Menurut beberapa sumber helikopter ini merupakan helikopter militer paling gesit yang mempunyai kecepatan hingga 250 mil per jam.

Helikopter ini mempunyai sejumlah tugas menyerupai utilitas medan perang, anti baju besi, misi pencarian dan evakuasi serta operasi anti kapal selam. Westland WG-13 Lynx ketika ini sedang menjalani peningkatan ke varian yang dimodernisasi dengan menjadikannya salah satu helikopter paling mengancurkan era ini. 


19.Northrop Grumman B-21 Raider

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : US. Air Force

Sebenarnya pesawat tempur paling modern Northrop Grumman B-21 Raider dalam pengembangan. Namun B-21 Raider telah menciptakan para pengamat militer terkesima dengan kecanggihan pesawat bomber ini. Proyek ini merupakan gagasan Angkatan Udara AS untuk tetap mempertahankan keunggulan yang mereka kembangkan dalam pesawat bomber selama berlangsungnya perang dingin.

B-21 Raider yakni pesawat pembom siluman jarak jauh yang bisa membawa muatan senjata konvensional dan senjata nuklir melebihi jarak pesawat pembom ketika ini lainnya. Selain itu pesawat ini bisa mengisi aneka macam tugas di medan perang jaringan modern menyerupai pengumpulan intelijen, sinyal intersepsi, pertempuran udara.

18. Tupolev Tu-95

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Defense Image

Pesawat tempur paling modern era ini selanjutnya yakni Pesawat Bomber Tu-95 bertenaga turboprop yang mulai beroperasi pada tahun 1956 dan tetap menjadi potongan penting dari kekuatan jarak jauh Rusia yang pada awalnya pesawat ini dirancang untuk membawa bom nuklir ke wilayah AS.

Pesawat ini sanggup membawa 15.000 kg muatan dengan membawa 6 rudal jelajah jarak jauh. Pesawat ini mempunyai jangkauan terbang sekitar 12.500 km. Dengan lebih dari 500 pesawat telah dibangun. Versi terbaru dari pembawa rudal ini yakni Tupolev Tu-95MS yang telah beroperasi semenjak tahun 1992 hingga tahun 2040.   
 
17. Tupolev Tu-22M

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Sergey Krivchikov

Pesawat Tupolev Tu-22M dikembangkan dari desain Tu-22 sebelumnya dengan menggabungkan panel sayap luar variabel-geometri. Walaupun pesawat ini tidak mempunyai jangkauan yang cukup untuk misi yang benar-benar strategis lantaran pesawat ini diklarisifikasikan sebagai pesawat bomber jarak menengah.

Pesawat tempur paling modern yang sanggup membawa 24.000 kg termasuk rudal dan bom jatuh ini dioperasikan oleh Soviet Naval Aviation didesain untuk menghancurkan kapal-kapal induk AS. 


16. Xian H-6


 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Li Pang



Xian H-6 yakni pesawat bomber jarak menengah Cina yang diproduksi atas lisensi dari Tu-16 Soviet. Pesawat ini sanggup membawa 16.000 kg muatan termasuk aneka macam rudal udara ke permukaan, rudala udara ke kapal atau bom jatuh. Beberapa versi dari pesawat ini juga sanggup meluncurkan rudal jelajah dari udara. Selain itu pesawat bomber Xian H-6 sanggup membawa senjata nuklir. 

Xian H-6 mempunyai mesin gres dan sanggup membawa lebih banyak materi bakar untuk jarak yang lebih jauh. Pesawat ini dipersenjatai dengan rudal jelajah yang diluncurkan melalui udara dibawah sayapnya. Menurut beberapa sumber pesawat tempur paling modern era ini telah secara signitifkan telah meningkatkan sistem avionik, radar pencarian dan serangan, navigasi, kontrol tembakan dan ketepatan senjata secara canggih.   


15. Rockwell B-1B Lancer

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Tech. Sgt. Richards Ebenberger, IS. Air Force 

Rockwell B-1 Lancer yakni pesawat pembom strategis yang mulai beroperasi pada tahun 1986 dengan Angkatan Udara AS. Pesawat ini dirancang untuk menggantikan B-52 Lancer dan bisa membawa senjata nuklir. Pesawat ini mempunyai beberapa tingkatan siluman dan sanggup memakai sistem penanggulangan yang komprehensif dan sanggup mengatasi sistem pertahanan udara musuh yang canggih.

B-1B Lancer sanggup membawa membawa hingga 34.000 kg rudal atau bom secara internal. Lancer lebih banyak membawa muatan dibandingkan dengan pesawat bomber AS lainnya. Dengan berakhirnya Perang Dingin, B-1B kehilangan serangan nuklirnya dan kembali memakai peperangan konvensional.

14. Boeing B-52 Stratofortress

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
 Sumber gambar : Senior Airman Erin Babis, US Air Force

Pesawat tempur paling modern abad ini Boeing B-52 Stratofortress dirancang dan didesain untuk sanggup membawa senjata nuklir. Pesawat yang telah beroperasi semenjak tahun 1955 dengan Angkatan Udara AS ini direncanakan akan tetap aktif hingga tahun 2044. 

B-52 telah dipakai dalam beberapa perang, namun hingga ketika ini hanya menjatuhkan amunisi konvensional. Pesawat bomber strategis ini sanggup membawa hingga 32.000 kg senjata termasuk rudal jelajah dan bom berpemandu presisi. Pesawat ini mempunyai jangkauan terbang hingga 18.500 km tanpa perlu mengisi materi bakar.  


13. Tupolev Tu-160

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Pyotr Deinekin

Pesawat tempur paling modern era ini selanjutnya yakni Tupolev Tu-160 yang dikembangkan oleh Rusia selama berlangsungnya Perang Dingin. Pesawat bomber ini didesain dan dirancang untuk menyerang sasaran Amerika paling penting. Tupolev Tu-160 yakni adalah pesawat tempur terbesar dan terberat yang pernah dibuat.

Tu-160 sanggup membawa rudal jelajah dan serangan darat yang dilengkapi dengan hulu ledak konvensional atau nuklir. Pesawat bomber ini juga sanggup membawa bom jatuh bebas dengan berat maksimum hingga 40 ton sebagai ganti rudal. Pesawat bomber paling modern era ini sanggup menjangkau sasaran hingga 14.500 km.

12. B-2 Spirit Stealth Bomber

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Airman 1st Class Jazmin Smith. US Air Force

B-2 Spirit Stealth Bomber yakni pesawat bomber paling modern era ini yang dirancang oleh Amerika Serikat selama Perang Dingin berlangsung. Saat ini B-2 Spirit yakni salah satu pesawat tempur modern paling mahal yang pernah dibuat. Angkatan Udara AS (USAF) hanya mengoperasikan 20 pesawat jenis ini lantaran harganya yang terlalu mahal.

Pesawat Bomber B-2 Spirit hampir tidak terlihat oleh radar musuh lantaran desainnya yang canggih dengan lapisan penyerap radar terbaik. Pesawat ini akan dengan gampang menghancurkan pertahanan udara musuh lantaran banyak mempunyai sistem avionik dan sensor canggih. Selain itu pesawat bomber ini mempunyai sistem peperangan elektronik berteknologi siluman.

Pesawat ini sanggup membawa persenjataan yang sangat berpengaruh dengan membawa sekitar 18.000 kg muatan tempur termasuk rudal jelajah, bom jatuh bebas termonuklir dan bom berpemandu presisi. Pesawat ini juga sanggup terbang sejauh 12.000 km tanpa perlu mengisi materi bakar.    

B-2 Spirit yakni pesawat bomber terbaik yang pernah dibuat era ini.

11. Boeing F/A-18E/F Super Hornet

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Foto Courtesy of US Navy

Saat ini Boeing F/A-18E/F Super Hornet yakni pesawat tempur multi tugas Angkatan Laut AS paling canggih. Hal ini disebabkan pesawat yang dioperasikan dari kapal induk sanggup menyerang sasaran udara dan darat.

F/A-18E/F Super Hornet yakni varian yang lebih besar dan lebih unggul dari F/A-18C/D Hornet. Pesawat ini dilengkapi dengan mesin yang lebih gres dan mempunyai hardpoint pemanis dengan sanggup membawa lebih banyak rudal. Pesawat ini juga mempunyai jangkauan yang lebih luas lantaran mempunyai penyimpanan materi bakar yang lebih besar. Super Hornet juga mempunyai sistem Avionik yang lebih canggih.   
 
10. Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Tech. Sgt. Gregory Brook, US Air Force

F-16 Fighting Falcon dirancang sebagai sebagai pesawat tempur multi-peran untuk melengkapi superioritas udara F-15 Eagle. Pesawat ini lebih ringan dan lebih murah untuk diproduksi dan dirawat. Lebih dari 4.400 pesawat telah diproduksi semenjak kemunculan pertamanya pada tahun 1974. 

Pesawat bermesin GE F110 atau P/W F100 dengan kecepatan supersonik ini sanggup membawa rudal AGM-88A HARM dan AIM-120, kontrol penerbangan digital, medan otomatis dan undercarriage yang kuat.  


9. Boeing AH-64 Apache

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Sgt. Spencer Proctor US. Air Force

Boeing AH-64 Apache yakni helikopter tempur paling modern era ini yang didesain dan di produksi untuk Angkatan Udara AS. Helikopter ini dilengkapi dengan mesin General Electric T700-GE-701D yang sanggup menyebarkan 1.994 shp. Helikopter ini juga mempunyai bilah rotor komposit gres yang dirancang untuk menahan serangan dari senjata anti pesawat 23 mm. Kecepatan maksimum helikopter ini mencapai hingga 300 km per jam.

Selain itu Helikopter AH-64 Apache juga dilengkapi dengan sistem sensor dan avionik canggih dan sanggup beroperasi pada malam hari. 

8. McDonnel Douglas F-15 Eagle

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Airman Daniel Snider US. Air Force

McDonnel Douglas F-15 Eagle yakni pesawat tempur superioritas udara paling canggih era ini yang dirancang khusus untuk menembus pertahanan udara musuh. Meskipun pesawat ini telah beroperasi selama 30 tahun tetapi hingga ketika ini F-15 Eagle tetap menjadi salah satu pesawat tempur paling canggih di dunia. 

F-15 Eagle dilengkapi dengan sistem persenjataan dan elektronik canggih yang memungkinkannya sanggup mendeteksi, memperoleh, melacak dan menyerang pesawat musuh sambil beroperasi diwilayah udara yang dikendalikan oleh musuh. Pesawat ini sanggup membawa aneka macam rudal udara ke udara serta sanggup bermanuver dalam kecepatan tinggi.
 
7. Sukhoi Su-35

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Alex Bultyukov

Sukhoi Su-35 yakni pesawat tempur multi-peran yang didesain dan diproduksi untuk menggantikan pesawat tempur Su-27 dan MiG-29 yang sudah mulai menua. Menurut laporan, pesawat ini sangat cepat ketika bermanuver dengan jarak yang sangat panjang, kemampuan ketinggian tinggi dengan mempunyai banyak persenjataan canggih. Pesawat ini merupakan bahaya bagi pesawat-pesawat tempur dunia barat.

Pesawat tempur Su-35 merupakan salah satu pesawat tempur paling modern era ini yang mempunyai kemampuan serangan udara ke permukaan paling mematikan. Pesawat ini sanggup membawa sejumlah persenjataan berat dengan 12 cantelan pada sayap dan membawa persenjataan canggih hingga 8.000 kg.

Selain itu Su-27 mempunyai mesin yang besar dan berpengaruh yang sanggup menawarkan kecepatan supersonik tanpa memakai afterburner. Mesin mempunyai vectoring dorong tiga dimensi yang akan menciptakan pesawat sanggup bermanuver. 


6. Dassault Rafale

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Tim Felce

Dassault Rafale yakni salah satu pesawat tempur paling modern era ini yang dioperasikan oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut Perancis. Pesawat multi-peran ini mempunyai beberapa sistem avionik terbaru dengan sanggup mengurangi penampakannya pada radar. Pesawat ini sangat gesit ketika bermanuver, Dassault Rafale sanggup melacak 40 pesawat musuh pada ketika bersamaan dan menembak empat sasaran dalam waktu bersamaan.

5. Eurofighter Typhoon

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Ronnie McDonald

Pada tahun 1986, konsorium Eurofighter dibuat oleh Jerman, Italia, Inggris dan kemudian Spanyol untuk menyebarkan pesawat tempur Eurofighter Typhoon gres yang sanggup dioptimalkan sebagai pencegat jarak jauh visual dengan kemampuan serangan darat. Pesawat ini sanggup membawa rudal canggih dan dilengkapi dengan sistem avionik terbaru yang sangat modern dan komprehensif.

 4. Sukhoi Su-57

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : Alex Beltyukov

Sukhoi Su-57 yakni pesawat siluman generasi kelima terbaru Rusia yang akan mulai beroperasi dengan Angkatan Udara Rusia pada tahun 2020. Pesawat siluman ini dirancang untuk menggantikan pesawat tempur MiG-29 dan Su-27 yang sudah tua. Pesawat ini merupakan balasan Rusia untuk Raptor F-22 AS.

Pesawat tempur berteknologi siluman ini mempunyai 10 hardpoint internal dan 6 ekternal untuk aneka macam rudal anti radiasi udara ke udara, udara ke permukaan dan bom terpandu. Selain itu pesawat ini juga dilengkapi dengan dua sidebays untuk rudal udara ke udara jarak pendek. Dipercaya bahwa Sukhoi Su-57 sanggup membawa hingga 7.500 kg persenjtaan.  

3. Chengdu J-20

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : PRC Air Force

Chengdu J-20 yakni salah satu pesawat tempur paling modern era ini. Pesawat dari generasi kelima Cina berteknologi siluman ini dirancang untuk bersaing dengan pesawat tempur generasi kelima lainnya menyerupai Raptor F-22 atau F-35 Lightning II. Diperkirakan perkembangan pesawat ini dibantu oleh oleh perusahaan penerbangan MiG Rusia. Pesawat yang mulai diproduksi pada tahun 2015 ini dikirim ke Angkatan Udara Cina pada tahun 2016 dan secara resmi dipakai oleh Angkatan Udara Cina pada tahun 2017.

J-20 yakni pesawat superioritas udara jarak menengah dan jarak jauh yang mempunyai serangan darat mematikan serta pertahanan udara yang canggih. Pesawat ini mempunyai dua ruang senjata internal yang besar untuk rudal udara ke udara jarak jauh dan ruang senjata kecil yang dipasang disamping untuk rudal udara ke udara jarak pendek. Selain itu pesawat ini juga mempunyai tangki materi bakar besar untuk misi penerbangan jarak jauh atau lebih banyak menyimpan materi bakar dan persenjataan daripada pesawat tempur Raptor F-22 AS.     


2. Lockheed Martin F-35 Lightning II

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
Sumber gambar : J,M Eddins.Jr. US Air Force 

F-35 Lightning II adalah penemuan lainnya yang didesain dan diproduksi oleh Lockheed Martin. Pesawat ini berkursi tunggal dan satu-satunya mesin tempur berteknologi siluman yang tahan terhadap segala cuaca.   F-35 dirancang untuk melaksanakan misi pertahanan udara, kontribusi udara tertutup dan pemboman taktis. Pesawat ini juga sangat kompatibel untuk melaksanakan serangan udara ke udara serta ke permukaan. 

F-35 Lightning II yakni produk Program Joint Strike Fighter. Program ini bertujuan untuk menyebarkan pesawat tempur multirole gres untuk menggantikan sejumlah pesawat tempur yang sudah ada. Untuk itu para desainer tahu bahwa F-35 harus fleksibel tidak hanya dalam hal persenjataan tetapi juga dalam desain secara keseluruhan. Misalnya varian F-35B bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal, Sedangkan F-35C dirancang untuk sanggup lepas landas dari kapal induk. Sementara varian pemanis akan muncul ketika F-35 memasuki pasar ekspor. 

1. Lockheed Martin F-22 Raptor

 yakni pesawat tempur serbaguna yang sanggup  20 PESAWAT TEMPUR PALING MODERN ABAD INI
sumber gambar: Senior Airman Kaylee Dubois,US.Air Force

Menggunakan mesin turbofan ganda Pratt & Whitney F119-PW-100 yang lebih kompetitif dengan kecepatan tertinggi mencapai sekitar Mach 2.25 dengan jarak tempur efektif hingga 529 mil. Selain itu persenjataannya yang fleksibel sanggup dikonfigurasi untuk aneka macam misi. F-22 Raptor yakni pesawat tempur paling modern era ini yang sulit untuk dikalahkan.
Pesawat tempur paling modern era ini hampir tidak tersentuh oleh radar musuh. Pesawat ini bisa membawa persenjataan berat. Pesawat tempur produksi paling canggih dan termahal di dunia ini mempunyai banyak sensor dan sistem avionik terbaru merupakan pesawat tempur terbaik era ini yang pernah dibuat.
Editor: Mahessa.Rey
Sumber: militarytoday.com & militarytoday.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "20 Pesawat Tempur Paling Modern Periode Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel