[Quick Review] Donnie Darko, A Tale Of Two Sisters, The Usual Suspect & High Fidelity

Weekend yang nganggur membuat aku melahap koleksi film usang yang belum sempat aku tonton. Well, it's time to quick review! Hap hap!

DONNIE DARKO (2001)
RottenTomatoes: 85% | NikenBicaraFilm: 4,5/5


Starring: Jake Gylenhall, Jena Malone, 
Directed by: Richard Kelly
Genre: Mystery, Science Fiction

Jika kau sudah menonton Donnie Darko, kemungkinan besar reaksi awalmu selepas menontonnya tidak akan jauh dari komentar what-the-fuckI call this movie: incredibly weird. Donnie Darko yaitu film yang aneh. Sangat - sangat aneh. Tapi ada sisi "liar" dari Donnie Darko yang walaupun membuat film ini sulit dicerna, namun tetap bisa mengajakmu masuk ke perangkap universe milik Richard Kelly, sampai membuat film ini menyandang predikat cult-classic. Bercerita perihal Donnie Darko (Jake Gylenhall) yang menerima penglihatan seorang insan dengan kostum kelinci yang mengerikan, yang kemudian menuntunnya untuk menyelamatkan dunia. Donnie Darko bukanlah sebuah film yang bisa dengan gampang diterima oleh masyarakat luas, itu jelas, tapi Donnie Darko memperlihatkan nuansa film abstrak psychedelic yang luar biasa aneh sekaligus orisinal. Entahlah, tidak banyak film yang sama anehnya dengan Donnie Darko. Perkecualian mungkin ada pada Enemy (2013), yang dibintangi Jake Gylenhall juga, yang juga mengatakan pengalaman what-the-fuck bagi siapa saja yang menontonnya. Saya merekomendasikanmu untuk menonton Donnie Darko, biar kita erghhh.... bisa resah sama-sama. 

Next 3-->
A TALE OF TWO SISTERS (Korean, 2003)
RottenTomatoes: 85% | NikenBicaraFilm: 5/5


Starring: Lim Su-Jung, Moon Geun-Young
Directed by: Kim Jee-Won
Genre: Horror, Mystery & Suspense

Jika Jepang mempunyai Ringu sebagai film horror terbaik mereka, maka boleh dikatakan A Tale of Two Sisters (Janghwa, Hongryeon) yaitu film horror terbaik yang dimiliki oleh Korea Selatan. Bercerita perihal dua orang abang beradik Su-Mi (Lim Su-Jung) dan adiknya Su-Yeon (Moon Geun-Young) yang harus tinggal bersama ayah dan ibu tirinya, dengan teror yang kemudian menghantui keduanya. A Tale of Two Sisters adalah tipikal film horor Asia yang bergerak begitu lambat, dalam nuansa horror yang terasa misterius dan boleh dikatakan sedikit absurd. Namun alurnya yang begitu lambat dan begitu sepi yaitu formula paling sempurna dalam membuat suasana yang sangat mencekam dan membuat bulu kuduk merinding. Kim Jee-Won juga mengatakan aura yang terasa puitis dan melankolis dalam setiap gambar yang ia ciptakan, dengan iringan musiknya yang terdengar murung dan sendu. Jangan lupakan juga twist berlapis di pecahan endingnya yang begitu mengejutkan sekaligus menyedihkan. Tidak salah saat banyak orang menyebutkan bahwa A Tale of Two Sisters yaitu salah satu horror terbaik yang dimiliki Korea Selatan.

THE USUAL SUSPECTS (1995)
RottenTomatoes: 88% | NikenBicaraFilm: 4,5/5


Starring: Stephen Baldwin, Kevin Spacey, Gabriel Bryne
Directed by: Bryan Singer
Genre: Mystery & Suspense


Probaby one of the best movie in 90's. Bermula dari sebuah kapal yang meledak dan membunuh 27 orang di dalamnya, menyisakan 2 orang saksi mata, seorang warga Hungaria yang terkena luka bakar, dan satunya Verbal Kint (Kevin Space), penjahat kelas teri dengan kaki yang cacat, yang berusaha menjelaskan insiden yang ada kepada polisi. The Usual Suspects yaitu film yang melambungkan nama Bryan Singer sebagai sutradaranya, dan meraih Best Original Screenplay sekaligus Best Supporting Actor bagi Kevin Spacey di ajang Academy Awards. Naskahnya memang brilian, dengan lapisan dongeng demi dongeng yang penuh intrik yang pada karenanya akan mengantarkanmu kepada twist kejutan yang telah disiapkan di pecahan akhirnya. The greatest trick the Devil ever pulled was convincing the world he didn't exist.


HIGH FIDELITY (2000)
RottenTomatoes: 91% | NikenBicaraFilm: 4/5


Starring: John Cusack, Iben Hjelje, Jack Black
Directed by: Stephen Frears
Genre: Comedy, Drama


Diangkat dari novel British dengan judul sama karangan Nick Hornby, High Fidelity kurang lebih merupakan curhatan seorang laki-laki Rob Gordon (John Cusack) perihal putusnya dirinya dengan kekasihnya Laura (Iben Hjelje). High Fidelity sedikit banyak mengingatkanmu perihal Annie Hall (1975), namun dalam versi yang lebih modern dengan tokoh Rob Gordon yang sepertinya mewakili isi kepala banyak pria. High Fidelity bahwasanya mempunyai dongeng yang sederhana, namun mewakili permasalahan yang dialami banyak orang, dan itu yang membuatnya begitu menarik. John Cusack bermain dengan sangat baik, ia mempunyai kharisma pemeran yang bahwasanya tidak terlalu tampan, namun masih mewakili abjad pacar impian. Namun entahlah, sepertinya bagi aku High Fidelity tidak semenarik itu - atau kemungkinan sebab aku saja yang tidak bisa memahami jalan pikiran para pria?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[Quick Review] Donnie Darko, A Tale Of Two Sisters, The Usual Suspect & High Fidelity"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel