Fungsi Cmos Battery Pada Motherboard Di Pc

Jam di Komputer sering berubah ke 00.00 setiap kali mematikan komputer?

Saya sempat pusing tujuh keliling alasannya ialah sejak membersihkan PC aku dengan menyemprotkan air, menciptakan PC tersebut menjadi selalu minta di atur TIME/WAKTU di bios setup. Padahal aku masih ingat sekali bahwa CMOS battery merupakan salah satu bab pada PC yang dihentikan terkena air atau kecelup air… hahahaaa…. :D. Pada ketika itu aku berpikir bahwa “Cuma kesemprot terus dilap sih kayaknya ga apa apa kali yah..!!!”

Karena tragedi itu lah aku menjadi penasaran, “Kenapa setiap aku mematikan komputer secara total (tidak ada fatwa listrik yang masuk ke komputer) dan ketika aku menghidupkan komputer kembali selalu muncul perintah untuk mengatur TIME/WAKTU di bios setup. Saya coba atur waktunya mulai dari jam hingga tanggal, kemudian kemudian tekan F10 (Save and Exit). Setelah itu, masuk ke Windows dan aku Shut down (dimatikan) kembali komputernya secara total dan ketika dicoba dihidupkan kembali ternyataaaaaaa….. masih tetap meminta untuk diatur TIME/WAKTU *garuk-garuk.

Saya terus berpikir (maklum…. gaptek, hahahaaa….)  dan aku teringat kata-kata dosen mata kuliah hardware saya. Beliau bilang, fungsi CMOS battery itu salah satunya ialah untuk meng-------------- (samar-samar) pada dasarnya sih buat ngatur waktu meskipun PC/Komputer mati total (tidak ada listrik) dan ketika menghidupkan kembali komputernya, settingan waktunya tidak berubah. Kaprikornus gak usah capek-capek diatur lagi. Dengan demikian, pikiran aku terus tertuju pada battery CMOS yang kemungkinan battery-nya rusak alasannya ialah kesemprot air (kayaknya) atau emang udah waktunya pensiun battery-nya, atau aku salah ngatur bios?


Sudah beberapa hari aku terus berpikir dan tanpa sengaja ketika aku mengantar teman membeli hardisk, aku melihat battery CMOS di etalase pada salah satu toko disana. Saya pribadi mengobrol dengan yang jaga toko dan benar dugaan aku “Harus Ganti CMOS Battery”. 

Sesampainya di  rumah, aku pribadi mengganti battery-nya dengan cara di congkel, hahahaaa… (aman)” dan menggantinya dengan yang baru.  tapi hasilnya nihil. Cemberut lagi. Saya coba searching di google dengan jawaban yang kurang memuaskan. Hingga balasannya aku menemukan sebuah situs yang sepemikiran dengan saya. Penulis di situs tersebut bilang kurang lebih gini, “Ada dua cara ketika CMOS battery kau tidak berfungsi. (1) Coba buka battery-nya kemudian pasangkan lagi battery-nya, bila tidak berhasil…. Coba langkah ke (2) Atur ulang Jumper pada PC (gak ngerti).  Kalau masih gak ngaruh juga, ganti battery-nya dengan yang baru.” Kurang lebih begitu kata penulis di situs tersebut.

CMOS battery

Keesokan harinya, aku coba lagi. Saya buka battery-nya…. Pasang lagi di posisi yang paling rapi…. Pokonya aku coba buka pasang buka pasang, dan aku pikir ini yang terakhir kalinya aku ngulik. Soalnya, bila masih gak berhasil, aku gak tau salahnya dimana lagi. Lagi pula, ketika melihat pengaturan bios sudah aku atur sesuai dengan buku panduan motherboad

Saya udah pasrah, aku udah berusaha, dan…. Akhirnya aku menemukan jawaban yang aku inginkan yaitu…… BERHASIL…………  :D Alhamdulillah…..

It’s very simple “tinggal ganti CMOS battery dengan yang baru, pasang, atur lg waktunya di BIOS, tekan F10 (Save and Exit), bereeeesss…..”. Tapi hal yang simple bila kita gak tau sama sekali, jalannya jadi panjang yah…. :D 

Biar gak pusing baca paragraf diatas yang udah kayak cerpen, point-pointnya kayak gini:
  1. Beli battery CMOS (harganya sekitar 10 ribuan).
  2. Buka battery CMOS yang terpasang pada motherboard, kemudian ganti dengan yang baru. Masangnya yang rapi, yang benar. Pokonya ulik aja.
  3. Nyalakan PC kemudian masuk ke BIOS setup.
  4. Atur tanggal dan waktu.
  5. Save and Exit (F10)

 Bios Setup

Untuk menguji berhasil atau tidak, caranya:
  1. Shut down kembali PC-nya (matikan)
  2. Kalau Power Suply-nya ada tombol on off, di off-kan.
  3. Kalau pake stabilizer, off kan stabillizer-nya.
  4. Intinya jangan ada fatwa listrik ke PC.
  5. Setelah beberapa ketika dimatikan, hidupkan kembali PC dan bila tidak ada perintah untuk mengatur TIME/WAKTU di bios setup, berarti berhasil.
  6.   Untuk lebih meyakinkan, lihat waktu pada windows anda, bila waktu-nya benar tidak menjelma 00.00 padahal bergotong-royong udah jam 09.12 misalnya, berarti berhasil.

Semoga yang aku tulis ini dapat membantu kawan-kawan yang mengalami permasalahan serupa dengan saya. :D Fighting!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Fungsi Cmos Battery Pada Motherboard Di Pc"

  1. A couple of individuals sent in communicating enthusiasm for seeing more about the essentials of motherboards, and that is actually what this Tech Tip expects to address. MSI Mag B550M Mortar

    ReplyDelete
  2. Distributed computing is as of now in the beginning phases in certain spots, Google Docs, Photo Bucket, colorful, Picasso, and Android Mobile OS. In India, Airtal and MTNL have encouraged Virtual PC for instance. headsets for online learning

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel