Cara Memperkecil Size File Pdf Untuk Web

Apa itu Compress File?
Mungkin kau pernah denger kata "File PDF-nya udah di kompres apa belom?". Naaah kompres ini maksudnya memperkecil ukuran (size) pada file tersebut. Misal, ketika kita menyimpan sebuah file berupa dokumen dengan format PDF yang hasil output-nya 200Mb. Dan ketika itu kau diharuskan mengirim file tersebut lewat e-mail atau di-upload ke salah satu web hosting/share untuk dibagikan kepada teman-temanmu. Rasanya size file PDF tersebut kebesaran untuk di-upload, apalagi kalo nge-upload-nya pake modem usb dengan jaringan yang gak ngebut-ngebut amat.

Disini aku mau membuatkan pengalaman wacana permasalahan diatas, dimana pada dikala itu aku diminta untuk meng-upload beberapa file PDF yang total size-nya hampir sebesar kapasitas CD yaitu 700Mb. Awalnya aku mencoba dengan cara di compress ke RAR/WinZip tapi selalu gak memuaskan (mungkin alasannya yakni sayanya gak bisa) hahaha.... terus aku coba dengan software Compress PDF gitu... Akhirnya berhasil, tapi hasilnya gak memuaskan dimana terdapat gambar-gambar yang tidak sesuai warnanya (mengalami distorsi warna yang berlebihan).

Terus gimana cara memperkecil size file PDF dengan kualitas gambar yang cukup terjaga?

 Naaah kompres ini maksudnya memperkecil ukuran  Cara Memperkecil Size File PDF untuk Web

Saya teringat dengan software NITRO PDF dimana software tersebut biasa aku gunakan untuk meng-compress file PDF ke Word. Saya pikir software ini sanggup dipakai untuk memperkecil ukuran atau size file PDF juga. dan ternyata benaaaaaar.....  begini caranya:
  1. Buka file PDF memakai software NITRO PDF. Nitro PDF yang aku gunakan yakni NITRO Pro 9. Caranya, klik kanan file PDF yang akan di perkecil size-nya - open with - pilih Nitro Pro 9.
  2. Setelah file PDF-nya terbuka, klik File - Optimize PDF.
  3. Akan muncul jendela baru, tandai di bab Web - kemudian klik Optimize.
  4. Silahkan beri nama file PDF-nya.
  5. Kemudian Save. Selesai :D

 Naaah kompres ini maksudnya memperkecil ukuran  Cara Memperkecil Size File PDF untuk Web
Compress File PDF dengan Nitro Pro 9

Saat itu aku mencoba memperkecil file PDF dengan size 285Mb yang kemudian sesudah di Compress di NITRO PDF size file PDF tersebut menjadi 59Mb saja. Kemudian file PDF dengan size 7.48 Mb menjadi 1.5 Mb. Jadi, sesudah file-file PDF tersebut aku perkecil ukurannya, balasannya total file PDF yang akan di-upload yang semula size-nya sekitar 700Mb, sekarang menjadi 187Mb saja. Memang tidak begitu fantastik, tapi setidaknya cukup meringankan. Selain itu hasil compress-an Nitro PDF ini jauh lebih baik dan tidak terlalu drastis mengganggu kualitas gambar daripada software sebelumnya. Sayangnya, Nitro PDF ini berbayar alias bukan freeware yang artinya kita harus membelinya. Ini situs resmi Nitro PDF.

Naaaah itu saja yang sanggup aku ceritakan hari ini. Semoga bermanfaat buat teman-teman semua.... :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperkecil Size File Pdf Untuk Web"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel