Mengatasi Cd / Dvd-Rom Laptop Atau Pc Tidak Terbaca (Not Detected)

Mungkin tidak sedikit teman-teman yang mengalami hal ini. Saya pun mengalaminya. Awalnya aku agak kaget juga, soalnya gres kemarin-kemarin DVD-ROM (RW) aku tidak terbaca alias DVD not detected. Saya pikir DVD-ROM aku rusak. Akhirnya aku diamkan selama berbulan-bulan, hingga berniat buat beli yang baru. Tapi, ketika itu aku ingin meng-install ulang komputer (PC) saya. Setelah selesai install ulang, aku iseng masukin DVD ke DVD-ROM yang aku kira rusak itu. Tapi, ternyata DVD-ROM-nya normal. Lalu aku coba memasukan DVD kosong, dan  terbaca. Dari situlah aku pikir, mungkin selama ini yang menciptakan DVD-ROM aku tida mau membaca DVD-nya ialah alasannya ialah kesalahan software, entah apa itu. 

 jadinya aku searching sana sini pake Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk meyakink Mengatasi CD / DVD-ROM Laptop atau PC tidak terbaca (Not Detected)

Singkat cerita, ketika aku bernat mem-burning data di DVD, DVD-ROM aku kembali tidak mau membaca (DVD not detected) lagi. "Masa iya harus install ulang lagi?" Hahaha.... jadinya aku searching sana sini pake Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk meyakinkan... dan ketika itu lah aku menemukan cara mujarab sehingga DVD-ROM aku kembali dapat membaca DVD. Begini cara sederhana untuk mengatasi problem CD / DVD-ROM tidak terbaca di Komputer (PC) atau Lapotop:

  • Buka registri editor dengan cara klik Windows > Run > ketik regedit, atau cara singkatnya yaitu tekan Windows + R di keyboard secara bersaaan, kemudian ketikan regedit.

 jadinya aku searching sana sini pake Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk meyakink Mengatasi CD / DVD-ROM Laptop atau PC tidak terbaca (Not Detected)
Jendela Run

  • Cari folder registri berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}

 jadinya aku searching sana sini pake Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk meyakink Mengatasi CD / DVD-ROM Laptop atau PC tidak terbaca (Not Detected)
Jendela Regedit Editor

  • Setelah itu, delete UpperFilters & LowerFilters (kalo waktu itu aku hanya menghapus LowerFilters saja, alasannya ialah UpperFilters-nya tidak ada).
  • Terakhir, restart komputer (PC) atau laptop-nya.
  • Finish! It's working for me.....
Alhamdulillah, cara ini berhasil aku praktekan dan aku sangat senang alasannya ialah DVD-ROM aku kembali menyerupai semula :D hahaha.... Semoga sukses.... 

Oh iya, satu lagi....  kalo masih belum bisa, coba matikan komputer (PC)-nya. Terus kabel Power dan SATA yang nyambung ke DVD-ROM lepas dulu dan kemudian sambungkan lagi. Barangkali kendor.... hehehe.... Soalnya cara ini berhasil juga. Tapi untuk laptop jangan, susah soalnya harus bongkar dulu dan butuh keahlian ekstra. :D oke....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengatasi Cd / Dvd-Rom Laptop Atau Pc Tidak Terbaca (Not Detected)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel