11 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Selalu gagal untuk menghentikan kebiasaan merokokmu? Mungkin ada beberapa langkah yang salah. Seperti yang dikutip dari webmd, berikut 11 cara menghentikan kebiasaan merokok.

1. Tahu alasan berhenti merokok
Jika kau ingin berhenti dari kebiasaan merokok, kau harus tahu alasannya. Apakah itu sebab dampak jelek yang dibawa oleh rokok, ingin terlihat lebih muda atau sebab ingin melindungi keluarga dari asap rokok. Pilih alasan yang sangat berpengaruh untuk bisa mengalahkan godaan merokok. Simak tujuh dampak negatif rokok di sini.

2. Jangan anggap remeh
Mungkin berhenti merokok terdengar mudah. kau hanya perlu membuag semua rokok yang telah dibeli dan menahan diri untuk tak membelinya kembali. Sayangnya menghentikan kebiasaan ini tak semudah yang dikira. Sebanyak 95 persen orang yang mencoba untuk berhenti tanpa terapi atau pengobatan, hasilnya malah kembali merokok. Alasannya ialah ketergantungan yang ditimbulkan oleh nikotin. Otak menjadi terbiasa dengan nikotin dan membutuhkannya tiap saat.

3. Lakukan terapi nikotin
Ketika kau berhenti merokok, nikotin bisa menciptakan kau merasa frustrasi, depresi, gelisah atau marah. Terapi pengganti nikotin bisa bantu atasi duduk perkara ini. Studi memperlihatkan permen karet nikotin dan lozenges bisa bantu melipatgandakan peluang kau untuk berhenti dari rokok, bila dilakukan secara intensif. Namun hati-hati, penggunaan produk menyerupai ini sambil merokok tidak dianjurkan.

4. Tanya obat resep
Untuk mempermudah mengatasi kecanduan nikotin tanpa memakai produk yang mengandung nikotin, tanyakan pada dokter apakah ada pil yang boleh kau konsumsi. Ada beberapa obat yang bantu mengurangi rasa lapar dengan memengaruhi zat kimia dalam otak. Obat itu juga akan menciptakan kau terpuaskan walau hanya menghisap sedikit rokok saja. Ada juga beberapa obat lainnya yang mengurangi tanda-tanda nikotin menyerupai depresi dan ketidakmampuan berkonsentrasi.

5. Minta pertolongan orang terdekat
Beritahu keluarga, sobat dan rekan kerja bahwa kau sedang berusaha untuk berhenti merokok. Bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan konselor juga bisa dijadikan salah satu alternatif. Dorongan mereka tentu memperlihatkan peluang besar bagi kau untuk segera menghentikan kebiasaan jelek ini.

6. Kontrol stres dengan benar
Salah satu alasan orang merokok adalah, nikotin bisa membantu seseorang untuk lebih rileks. Setelah berhenti merokok, kau harus menemukan cara lain untuk mengatasi stres, contohnya dengan dipijat, mendengarkan musik santai, atau mengikuti kelas yoga. Jika mungkin, sebaiknya hindari situasi stres pada ahad pertama ketika kau mulai berhenti merokok.

7. Hindari alkohol dan pemicu merokok lainnya
Kegiatan tertentu sanggup meningkatkan harapan kau untuk merokok. Alkohol merupakan salah satu pemicu paling umum, jadi cobalah untuk menguranginya. Jika kopi menciptakan kau ingin merokok, beralihlah pada teh selama beberapa minggu. Dan kalau kau terbiasa merokok sesudah makan, temukan cara lain untuk menghindarinya contohnya menyerupai mengunyah permen karet atau menyikat gigi.

8. Bersihkan rumah
Setelah kau mengisap batang rokok terakhir, buang bungkus rokok, korek api serta asbak. Cuci pakaian, bersihkan karpet, gorden, atau apapun yang terkena bau asap rokok. Gunakan penyegar udara untuk menyingkirkan aroma rokok. kau tentu tak ingin melihat atau menyium bau yang mengingatkan kau ihwal rokok, bukan?

9. Bergerak
Aktivitas fisik sanggup membantu mengurangi kecanduan nikotin dan meringankan beberapa gejalanya. Bila harapan merokok muncul, pakai sepatu olahragamu, dan lakukan jogging. Bahkah olahraga ringan menyerupai berjalan kaki ditemani binatang peliharaan, bersepeda atau berkebun juga memperlihatkan manfaat yang berarti. Olahraga juga bisa bantu kau menghindari kelebihan berat tubuh ketika berhenti merokok.

10. Makan buah dan sayuran
Sebaiknya jangan lakukan diet ketika kau berusaha untuk berhenti merokok. Fokuslah untuk memakan lebih banyak buah, sayuran dan kuliner rendah lemak. Menurut studi di Duke University, makanan-makanan ini menciptakan rokok terasa mengerikan.

11. Coba dan coba lagi
Gagal berhenti merupakan hal yang biasa. Banyak perokok yang harus mencoba beberapa kali sebelum hasilnya berhasil lepas dari kebiasaan jelek ini. Periksa keadaan emosi serta fisik yang menciptakan kau menyerah. Gunakan sebagai kesempatan untuk kembali menegaskan akad untuk berhenti merokok. Setelah kau menciptakan keputusan kembali, menetapkan 'tanggal dimulainya berhenti merokok' di bulan depan.


sumber : wolipop.com

Sumber http://duniasejutawarna.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "11 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel