Cara Menghapus Nama Anda Dari Dunia Maya

Disadari atau tidak, para pecandu internet bakal menyadari bahwa sebetulnya mereka gampang sekali ditemukan di internet. Coba saja, dengan cara mengetikan nama orang yang dicari lewat situs pencari raksasa Google.
Hasilnya, sederet gosip yang diharapkan akan terpampang terperinci dari banyak sekali hasil yang berhasil dikumpulkan Google. Mulai dari alamat email, akun situs jejaring sosial, bahkan bila beruntung, anda pun bakal menemukan nomor kontak, alamat rumah, serta hasil lainnya yang berafiliasi dengan nama orang yang dicari.

Tentu saja banyak sekali kemudahan yang diberikan teknologi digital berjulukan internet tersebut, dapat dimanfaatkan baik itu untuk tujuan positif maupun tujuan negatif. Satu di antaranya dimanfaatkan untuk melancarkan serangan cyber criminal sampai berbagi gosip maupun gambar–gambar yang tak senonoh. Nah, bagaimana jadinya bila Anda sendiri menjadi korbannya? Bagaimana bila foto–foto terlarang maupun informasi–informasi langsung Anda tersebar di internet?

Jangan khawatir, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan identitas anda di internet bahkan untuk menghapus nama anda dari dunia maya secara permanen. Trik jitu yang berhasil dirangkum tim Lifehacker.com ini tentu akan sangat membantu bagi mereka yang menjadi korban pelecehan via internet.

Pertama, patut diketahui bahwa data–data dan gosip seseorang cukup gampang ditemukan lewat profil yang terpampang di akun jejaring sosial. Semisal Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ dan dalam akun jejaring sosial lainnya yang diisi dengan informasi–informasi langsung penggunanya.

Google biasanya memperlihatkan hasil pencarian yang diperoleh pula dari gosip yang berasal dari situs jejaring sosial ini. Dengan demikian, lokasi inilah yang sebetulnya harus menjadi prioritas saat ingin menghapus nama Anda dari dunia maya.

Caranya, bila hanya ingin menghapus hasil pencarian, Anda tinggal mengganti pengaturan profil menjadi private atau pribadi. Namun, bila anda menginginkan nama Anda hilang sama sekali, maka mau tidak mau harus menghapus akun Anda di beberapa situs jejaring sosial.

Berikut beberapa langkah untuk menghapus akun di situs jejaring sosial besar:

1. Facebook
Masuk ke pengaturan akun untuk menghapusnya. Pilih tombol “Hapus Akun Saya” atau “Delete My Account”. Cukup mudah, namun prosesnya cukup lama, dapat memakan waktu sampai 14 hari sampai data–data Anda benar–benar hilang. Patut diperhatikan, bahwa menentukan cara ini akan menciptakan Anda benar–benar kehilangan profil, gosip dan semua data–data yang Anda miliki di Facebook.

2. Twitter
Cara yang sama dapat ditempuh pula untuk menghapus segala gosip yang ada di akun Twitter Anda. Masuk ke pengaturan akun, lantas pilih pada tombol ‘Deactive My Account”. Cara ini akan menghapus keseluruhan gosip di twitter.

3. LinkedIn
Untuk menghapus akun LinkedIn Anda, masuklah ke halaman pengaturan atau setting, lantas pilihlah ikon Account lalu tekan pada tombol "close your account" link.

4. Google +
Proses yang cukup rumit akan ditemui saat hendak menghapus akun Google + Anda. Lantaran akun ini terhubung dengan banyak sekali macam layanan yang disediakan Google. Meliputi akomodasi email, kalender, serta layanan virtual lainnya. Untuk menghapusnya, masuklah terlebih dahulu memakai akun gmail anda, untuk menuju halaman utama akun google. Kemudian pilihlah Close account and delete all services and info associated with it". Lantas pilih juga tombol "Delete Google+ content" untuk menghapus semua data yang terhubung dengan akun google Anda.

Cara lainnya untuk menghapus nama Anda dari internet, dapat ditempuh pula dengan cara mengirimkan surat permohonan peniadaan akun. Hal ini ditempuh karena nama Anda dapat saja masih ada di jaringan dunia maya bahkan sesudah menghapus profil jejaring sosial. Semisal masih ada foto, artikel maupun data Anda yang terdaftar di website kantor Anda. Cobalah untuk mengirimkan email kepada pengelola website untuk meminta peniadaan data–data tersebut.

Hal lainnya yang patut diperhatikan yaitu para pelaku kriminal ternyata masih dapat memanfaatkan penelusuran latar belakang gosip Anda. Untuk memastikannya, silakan cek nama Anda memakai beberapa akomodasi internet sebagai berikut;
1. Zabasearch
Situs ini dipakai untuk menelusuri alamat rumah serta nomor telepon.

2. Intelius
Ini merupakan website ampuh untuk menelusuri track record seseorang, alamat email, alamat rumah, situs jejaring sosial dan bahkan dapat dipakai untuk menelusuri catatan kriminal seseorang. Situs ini biasanya dipakai oleh perusahaan–perusahaan untuk menelusuri calon karyawan mereka. Namun, untuk memeroleh hasilnya, pengguna diharuskan membayar biaya registrasi situs berbayar ini.

3. Spokeo
Tak berbeda dengan Intelius, Spokeo juga merupakan situs pencari identitas berbayar. Namun biaya yang dibayarkan sepertinya sebanding dengan hasil yang nantinya akan diperoleh.

4. Pipl
Situs ini juga menyajikan layanan pencarian identitas yang terindeks di pencarian Google.
Beberapa langkah selanjutnya yang dapat ditempuh untuk menghilangkan identitas Anda di internet, dapat dengan menghapus seluruh alamat email yang terdaftar di lembaga maupun website yang sebelumnya anda ikuti. Cara menghapusnya dengan menghubungi moderator website tersebut karena setiap website biasanya mempunyai peraturan sendiri–sendiri untuk menghapus akun Anda.


sumber : http://jogja.tribunnews.com

Sumber http://duniasejutawarna.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus Nama Anda Dari Dunia Maya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel