5 Tips Biar Sholat Malam Terasa Gampang

Shalat malam yaitu sebuah ketaatan yang berat, untuk bisa menjalankannya diharapkan perjuangan keras dan kemauan yang kuat. Adapun kiat-kiat supaya kita merasa ringan dalam menjalankan shalat malam, bisa dibagi menjadi perjuangan dhahiriyyah dan perjuangan bathiniyya.

Yang dimaksud dengan perjuangan dahiriyaah yaitu melaksanakan upaya-upaya terhadap faktor-faktor luar diri kita supaya mendukung impian kita untuk gampang berdiri malam, di antaranya yaitu :


1-Menghindari terlalu banyak makan dan minum, alasannya yaitu orang yang kebanyakan makan dan minum akan gampang merasa ngantuk. sampai dengan gampang terjangkit kantuk dan amat berat untuk bangun. Umar bin Khotob ra berkata, “Jauhilah olehmu perut kenyang lantaran bergotong-royong itu yang memberatkan hidup kalian dan yang menjadikan busuk saat mati.” Sedangkan Luqman pernah memberi hikmah kepada anaknya, “Wahai anakku, kalau perut sudah penuh maka pikiran akan tidur dan anggota tubuh kalian akan lemah untuk beribadah.”


2- Tidak terlalu memforsir tenaga di siang harinya dengan pekerjaan-pekerjaan yang melelahkan sehingga melemahkan anggota badan, sedang karenanya yaitu terlelapnya diri dalam tidur berlebihan di malam harinya.


3-Membiasakan tidur di tengah siang (Qoilulah) meskipun hanya sebentar, semua itu guna menjaga stamina dalam mengerjakan sholat malam. Sabda Rasulullah saw
اسْتَعِينُوا بِطَعَامِ السَّحَرِ عَلَى صِيَامِ النَّهَارِ وَبِالْقَيْلُولَةِ عَلَى قِيَامِ اللَّيْلِ
“Mohonlah donasi (kepada Alah) dengan makan sahur untuk puasa di siang hari, dan (mohonlah donasi kepada Allah ) dengan tidur di siang hari untuk qiyamullail (bangun beribadah di malam harinya).”


4-Menjauhi perbuatan maksiat lantaran akan mengeraskan hati dan menghalangi datangnya Rahmat. Orang yang mempunyai dosa tidak akan berangasan untuk sholat malam dan. Ada seseorang bertanya kepada Hasan al-Basri, ” Wahai Aba Sa’id, semalam saya tidak disibukkan apapun dan saya sangat bahagia melaksanakan sholat malam serta mempersiapkan diri dengan berwudlu’ sebelum tidur , namun kenapa saya tidak bisa berdiri dimalam hari ? ia menjawab, “Sebab kau masih membawa dosa.”
 

5- Memakan makanan halal, dan menjauhi makanan haram (yang dilarang). kalau seorang hamba senantiasa memelihara dengan teliti akan kehalalan makanan yang akan dimakannya maka dia akan ringan dalam mengerjakan sholat malam. Sahl bin Abdillah at-Tastary rh berkata, “Barang siapa yang makan makanan halal maka secara otomatis dia cenderung berinfak untuk taat kepada Allah. 

Adapun yang dimaksud dengan perjuangan bathiniyyah yaitu memperkuat aspek dasar di dalam diri kita supaya muncul impian yang besar lengan berkuasa untuk melaksanakan shalat malam. Di antaranya adalah;


1- Memahami dan memikirkan keutamaan–keutamaan sholat malam melalui pemahaman terhadap ayat-ayat al-Qur’an dan Hadits serta kisah-kisah yang terserat di dalamnya. Pemahaman terhadap keutamaan itu akan mendorong seseorang untuk mengerjakan sholat malam dan merasa gampang dalam mengerjakannya.


2- Menanamkan rasa takut menghadapi pedihnya siksa di akherat kelak. Orang yang bisa menanamkan rasa takut ini maka dia akan ringan meninggalkan tidurnya di atas ranjang, dan digantinya dengan bermunajat kepada rabbnya supaya diselamatkan dari siksa yang mengerikan.


Sumber : http://soaljawabislam.wordpress.com I http://jago-online.blogspot.com

Sumber http://duniasejutawarna.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tips Biar Sholat Malam Terasa Gampang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel