Mitologi Jepang Kuno Dibalik Nama Kagutsuci, Izanagi, Dan Izanami

Bagi penggemar serial Naruto, nama Kagutsuchi, Izanagi, dan Izanami tentu sudah tidak absurd lagi. Itu yakni nama-nama jurus Istimewa yang dimiliki oleh klan Uchiha.

Namun tahukah kalian kalau ternyata nama-nama tersebut diambil dari nama dewa-dewi dalam mitologi Jepang???

Nah sesudah kemaren kita membahas perihal Amaterasu, Susanoo, dan Tsukuyomi dalam mitologi Jepang, kali ini kita akan membahas perihal Mitologi Jepang Kuno dibalik nama Kagutsuci, Izanagi, dan Izanami.
 dan Izanami tentu sudah tidak absurd lagi Mitologi Jepang Kuno dibalik nama Kagutsuci, Izanagi, dan Izanami

Kagutsuchi merupakan nama dari yang kuasa api dalam mitologi Jepang. Ibu Kagutsuchi yang berjulukan Izanami tewas terbakar oleh api Kagutsuchi ketika melahirkannya.

Karena insiden tersebut, suami Izanami yang berjulukan Izanagi merasa sangat terpukul dan memenggal kepala Kagutsuchi dengan pedang Ame no Ohabari.

Konon sesudah itu, badan Kagutsuchi dibelah menjadi delapan dan menjadi 8 gunung berapi yang ada di Jepang.

Sementara darah yang menetes dari Pedang Izanagi tersebut melahirkan beberapa yang kuasa ibarat Dewa Laut Watatsumi dan Dewa Hujan Kuraokami.

Izanami merupakan dewi penciptaan dan kematian. Sementara Izanagi dikenal juga dengan nama Dewa Agung Izanagi.

Sebenarnya keduanya merupakan abang beradik yang diciptakan oleh yang kuasa pertama yang berjulukan Kunitokotachi dan Amenominakanushi untuk membuat pulau pertama di Jepang.

Izanagi sang abang dan Izanami sang adik akibatnya memutuskan menikah secara diam-diam. Buah dari kesepakatan nikah "terlarang" tersebut melahirkan dua orang iblis.

Lalu mereka tobat dan lalu meminta restu untuk menikah lagi. Di kesepakatan nikah keduanya ini, mereka melahirkan beberapa pulau di Jepang.

Hingga akibatnya yang terakhir melahirkan Kagutsuchi (reinkarnasi api) yang membuat Izanami mati.

Setelah membunuh Kagutsuchi, Izanami pergi berkunjung ke dunia bawah untuk menjemput Izanami lagi.

Namun semua tidak sesuai rencana. Izanami sudah memakan masakan neraka dan wujudnya sudah berkembang menjadi angker ibarat penghuni neraka pada umumnya.

Izanagi yang ketakutanpun menentukan untuk meninggalkan Izanami sendirian di neraka.

Akhirnya cinta mereka berkembang menjadi saling kutuk. Izanami bersumpah akan membunuh seribu insan setiap harinya, sementara Izanagi bersumpah akan melahirkan 1500 insan setiap harinya.

Sekembalinya dari dunia bawah, Izanagi melahirkan 3 orang anak. Amaterasu (dewa matahari) lahir dari mata kirinya, Tsukuyomi (Dewa Bulan) lahir dari mata kanannya, dan Susanoo (dewa badai) lahir dari hidungnya.
Sumber: wikipedia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mitologi Jepang Kuno Dibalik Nama Kagutsuci, Izanagi, Dan Izanami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel